Selasa, 28 Mei 2013

PEREKONOMIAN INDONESIA

            Sistem ekonomi yang di anut oleh setiap bangsa berbeda – beda. Hal ini sesuai dengan falsafah dan ideologibndari masing – masing negara. Seperti halnya Indonesia, sistem ekonomi yang di anut oleh bangsa Indonesia akan berbeda dengan sistem ekonomi yanag di anut oleh Amerika Serikat ataupun negara – negara lainnya. Pada awalnya Indonesia menganut sistem ekonomi liberal, di mana seluruh kegiatan ekonomi diserahkan kepada masyarakat. Akan tetapi karena ada pengaruh komunisme yang yang disebarkan oleh partai komunis Indonesia, maka sistem ekonomi di Indonesia berubah dari sistem ekonomi liberal menjadi sistem ekonomi sosialis.
Pada masa orde baru, sistem ekonomi yang dianut bangsa Indonesia diubah kembali menjadi sistem  demokrasi ekonomi. Sistem ini bertahan hingga masa Reformasi. Sete3lah masa Reformasi, pemerintah melaksanakan sistem ekonomi yang berlandaskan ekonomi yang berlandaskan ekonomi kerakyatan. Sistem ekonomi inilah yang masih berlaku di Indonesia.
Indonesia mempunyai landassan idiil yaitu Pancaasila dan landasan konstitusional yaitu UUD 1945. Oleh karena itu, segala bentuk kegiyatran masyarakat dan negara harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sistem perekonomian yang ada di Indonesia juga harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sistem perekonomian nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 disusun untuk mewujudkan demokraasi ekonomi dan dijadikan dasar pelaksanaan pembangunan ekonomi. Sistem perekonomian Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 disebut juga sistem ekonomi demokrasi. Dengan demikian sistem ekonmomi demokrasi dapat di definisikan sebagai suatu  sistem perekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari falsafah Pancasila dan UUD 1945 yang berasakan kekelurgaan dan kegotongroyongan dari, oleh, dan untuk rakyat di bawah pimpinan dan pengawasan pemerintah.

Pada sisitem ekonomi demokrasi, pemerintah dan seluruh rakyat baik golongan ekonomi lemah, maupun   pengusaha aktif dalam usaha mencapain kemakmuran bagsa. Selain itu, negara berperan dalam merencanakan, membimbing, dan mengarahkan kegiatan perekonomian. Dengan demikian terdapat kerja sama dan saling membantu antara pemerinath, swasta, ddan maasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar